Kuliner

10 Makanan Khas Ceko Ini Bikin Lidah Bergoyang!

Cekoslowakia adalah negara di Eropa Tengah yang berdiri sejak th. 1918. Negara yang dikelilingi daratan ini berbatasan segera dengan negara Eropa lainnya, yaitu Jerman, Polandia, Slovakia dan Austria. Nggak heran kecuali makanan khas Ceko banyak ada yang sanggup anda temukan juga di negara-negara tersebut. Nah, ibu kota Ceko, Praha, dikenal banget dengan keindahan arsitekturnya. Selain itu, kecuali telah datang ke sini, sudah pasti harus coba kuliner lokal yang rasanya khas banget!

Apa saja sih makanan khas Cekoslowakia? Yuk, segera cek daftarnya di bawah ini:

1. Řízek

Makanan khas Ceko yang pertama adalah Řízek. Namanya unik banget dan kemungkinan beberapa besar berasal dari kami baru mendengarnya sekarang. Sebenarnya, Řízek itu serupa bersama dengan Schnitzel berasal dari Jerman, jikalau hidangan ini kemungkinan anda telah pernah dengar lebih-lebih coba. Soalnya beberapa restoran steak dan restoran Jerman di Indonesia tersedia yang menyajikan Schnitzel. Bahan dasarnya daging, mampu berasal dari beragam macam daging, yang dilumuri tepung terigu dan tepung roti selanjutnya digoreng. Penyajiannya tentu manfaatkan salad kentang.

Di Ceko, yang paling tenar sebetulnya Řízek yang terbuat berasal dari daging babi, tapi daging sapi ringan ditemukan, kok. Selain itu, tersedia juga Řízek berasal dari ikan trout yang lebih kerap disantap pas Hari Natal. Oh ya, salad kentang yang di sediakan di hidangan ini bukan layaknya salad kentang pada umumnya. Jadi kentang dan kulitnya direbus, selanjutnya dipotong-potong seukuran kentang goreng, setelah itu dicampur bersama dengan sayur kalengan yang rasanya asam manis. Setelah itu dicampur bersama dengan mayonaise yang berlemak. Biasanya bagi orang Ceko, semakin banyak mayonnaise, semakin lezat juga hidangannya!

2. Česnečka

Ini adalah garlic soup atau sup yang bumbu dasarnya berasal dari bawang putih. Rasanya sebetulnya bawang putih banget, jadi bikin yang tidak cukup bahagia rasa bawang putih, kemungkinan bakal jauhi sup ini. Sementara bikin yang suka, mesti coba! Di didalam Česnečka tersedia croutons atau potongan roti yang renyah, selanjutnya tersedia telur mentah yang ditambahkan di proses akhir memasak.

Yang bikin semakin nikmat lagi adalah tersedia tambahan sosisnya, bikin sup jadi semakin gurih. Beberapa restoran juga memberikan keju ke dalamnya, walaupun ini nggak mesti ada. Rasanya gurih dan hangat, satu mangkuk sepertinya kurang!

3. Guláš

Kalau anda pernah coba hidangan khas Jerman, Goulash, nah Guláš kurang lebih serupa layaknya itu hidangannya. Ini adalah sup daging berkuah kental yang dimasak bersama dengan banyak bawang bombay. Biasanya Guláš di sediakan bersama dengan semacam pangsit khas Ceko atau bersama dengan roti yang warnanya gelap dan keras. Di Ceko, orang kebanyakan menyantap hidangan ini di musim dingin, tujuannya paham untuk menghangatkan badan.

Oh ya, Guláš dianggap sebagai salah satu hidangan yang paling simple dibuatnya dan paling terjangkau juga harganya. Friends mampu mencobanya di beragam restoran tradisional. Guláš sendiri miliki histori panjang, diperkirakan berasal dari abad ke-9. Dulunya Guláš adalah sup daging yang di sediakan untuk hidangan pembuka, bukan sebagai hidangan utama layaknya sekarang. Konsistensi kuahnya sebetulnya agak tidak sama bersama dengan Goulash Jerman, tapi sebetulnya asalnya sama.

4. Rajská Omáčka

Meski namanya kemungkinan sulit kami ucapkan, sebetulnya ini adalah hidangan daging yang di sediakan bersama dengan saus atau sup tomat. Yang kerap di sediakan di restoran adalah sup tomat. Disajikan hangat, sup ini memadai mengenyangkan dikarenakan kuahnya yang memadai kental. Supnya terbuat berasal dari campuran tomat yang dipotong-potong dan pasta tomat. Dagingnya telah dimasak secara terpisah. Setelah itu, disajikannya bersama dengan bumbu-bumbu tambahan dan bawang bombay yang memicu rasanya jadi berpadu pada manis dan gurih yang nikmat!

5. Svíčková na Smetaně

Makanan khas ceko seterusnya adalah Svíčková na Smetaně. Ini adalah daging panggang yang di sediakan bersama dengan saus bersama dengan basic sour cream dan semacam pangsit. Di Ceko, beberapa hidangan kerap di sediakan bersama dengan pangsit, tapi bentuknya beda bersama dengan pangsit yang tersedia di Asia, dikarenakan terbuat berasal dari roti, ragi atau kentang. Svíčková sendiri berarti adalah sirloin atau daging has luar. Hidangan ini nyaris tentu di sediakan di acara pernikahan Ceko sebagai makanan utama. Daging has luar ini dipanggang lama bersama dengan bumbu berasal dari wortel, seledri, parsley dan bawang bombay.

Setelah dipanggang lama, tentu dagingnya jadi lembut dan meleleh pas tersedia di mulut kita. Saus asamnya sesudah itu dituangkan di atas daging, selanjutnya di sediakan bersama dengan pangsit. Biasanya dihiasi bersama dengan potongan buah cranberry dan potongan lemon. Menyajikan Svíčková na Smetaně sebetulnya bukan perkara mudah, soalnya memanggang dagingnya butuh sementara lama dan tersedia banyak cermat yang nggak mampu dilaksanakan seluruh orang. Sampai-sampai di Ceko tersedia semacam keyakinan jikalau seorang perempuan memasakkan hidangan ini untuk kekasihnya, maka dia telah siap banget untuk menikah dan terjalin yang jauh lebih serius.

Artikel Kuliner Lainnya: Makanan utama dan Terkenal di Kosovo

6. Moravský Vrabec

Arti sebetulnya berasal dari Moravský Vrabec adalah burung kakatua berasal dari Moravia, yang merupakan nama daerah di Ceko. Eits, tenang… Kita nggak bakal menyantap burung kakatua, kok. Ini hanya namanya saja. Moravský Vrabec tenar banget dan kami mampu bersama dengan ringan menemukannya di beragam restoran tradisional Ceko. Tiga bahan utamanya adalah daging, sauerkraut, dan pangsit.

Nah, sauerkraut juga merupakan hidangan yang banyak anda temukan di makanan khas Jerman. Ini adalah fermentasi sayuran yang kebanyakan bahan dasarnya adalah kubis atau kol. Mirip bersama dengan acar jikalau di Indonesia atau kimchi di Korea. Sedangkan pangsit serupa bersama dengan hidangan sebelumnya, mampu terbuat berasal dari roti, ragi atau kentang. Dagingnya dipanggang dan sesudah itu di sediakan bersama dengan kuah dan pangsit di sampingnya. Sauerkraut juga langsung diletakkan di piring yang sama, jadi rasa kuahnya bakal bercampur jadi gurih-gurih asam. Kuah Moravský Vrabec kebanyakan memadai berlemak dan kental.

7. Koprová Omáčka (Koprovka)

Hidangan ini sebetulnya nyaris serupa bersama dengan ke dua hidangan di atas dikarenakan merupakan kombinasi pada daging dan pangsit. Bedanya adalah dagingnya nggak dipanggang, tapi direbus. Koprová Omáčka juga merupakan salah satu hidangan khas Ceko yang favorit banget. Hidangan ini lebih layaknya hidangan yang dibikin oleh nenek yang bikin nostalgia, jadi nyaris nggak kemungkinan kami temukan di acara pernikahan. Sausnya terbuat berasal dari krim, cuka dan acar tanaman dill yang telah dikentalkan bersama dengan tepung.

Mungkin jikalau mendengar bahan-bahannya, lebih-lebih sementara memandang penyajiannya, banyak yang tidak cukup berselera. Kuahnya krem pucat, pangsit berwarna pucat, dagingnya warna coklat, layaknya hidangan yang tidak cukup warna, tapi begitu dirasakan, banyak yang ketagihan! Makanan yang kebanyakan di sediakan bersama dengan tambahan telur rebus dan saus krim kental ini sebetulnya memadai jadi perdebatan di Ceko. Orang Ceko tersedia yang bahagia banget bersama dengan Koprová Omáčka, tapi banyak juga yang serupa sekali nggak suka. Nah, anda berani coba nggak?

8. Smažený Sýr

Friends fans keju? Yuk, langsung coba hidangan yang satu ini! Smažený Sýr adalah salah satu hidangan yang tenar banget di kalangan turis dikarenakan keunikannya. Begitu mencoba, mereka kebanyakan bakal ketagihan dan kangen jikalau telah pulang ke negara masing-masing. Saking populernya, banyak restoran di Ceko yang menjajakan Smažený Sýr bersama dengan harga yang nggak masuk akal! Kenapa nggak masuk akal? Soalnya sebetulnya hidangan ini langkah masaknya simpel, nggak serumit beberapa hidangan sebelumnya.

Smažený Sýr sebetulnya adalah keju goreng yang di sediakan bersama dengan seporsi penuh kentang goreng, itu saja! Perlu dicatat, Smažený Sýr yang berkualitas terbuat berasal dari keju yang tinggi kualitasnya. Disajikannya bersama dengan saus tartar atau saus tomat, terkait selera. Kalau anda rela coba menyantap Smažený Sýr, disarankan di restoran yang telah dikenal baik reputasinya. Soalnya banyak restoran yang nggak manfaatkan keju berkualitas. Jadinya rasanya tentu tidak cukup otentik. Keju yang digunakan untuk hidangan ini kebanyakan keju Edam atau Gouda yang lembut.

9. Smažené Tvarůžky

Nah, hidangan ini sebetulnya juga sama-sama berbentuk keju goreng. Bedanya bersama dengan Smažený Sýr adalah type keju yang digunakan. Kalau Smažený Sýr manfaatkan keju lembut, maka hidangan yang satu ini manfaatkan keju yang namanya Tvarůžky. Keju ini teksturnya lebih keras, kebanyakan berbentuk lingkaran atau cincin. Keju Tvarůžky adalah keju tradisional yang berasal berasal dari daerah Olomouc. Keju ini terbuat berasal dari dadih yang rasanya asam. Kebanyakan turis belum pernah merasakan aroma dan rasa keju layaknya keju asal Olomouc ini. Jadi jikalau anda sebetulnya fans keju sejati, mesti banget coba!

10. Pečená Kachna se Zelím

Makanan khas Ceko yang terakhir adalah Pečená Kachna se Zelím. Kalau tadi telah hidangan serba daging, sekarang saatnya coba Pečená Kachna se Zelím, bebek panggang yang di sediakan bersama dengan sauerkraut dan pangsit. Hidangan ini juga hidangan privat di Ceko, kebanyakan hanya disantap di hari besar, atau jikalau lagi kumpul keluarga yang spesial. Saat perayaan tertentu, kebanyakan orang Ceko memesan Pečená Kachna se Zelím di restoran.

Cara memasak hidangan ini sebetulnya memadai rumit. Soalnya kami mesti membumbuinya bersama dengan pas, memasaknya butuh sementara lama, lebih-lebih memanggang bebeknya, dan mesti sesuai rasa asam dan manis pada sauerkraut. Untuk sauerkraut, mampu manfaatkan type yang merah atau putih. Hidangan ini butuh memadai banyak bawang putih, bawang bombay dan bumbu lainnya.

error: Content is protected !!