Kuliner

5 Kuliner Ikonik Khas Negara Slovakia, Kenikmatannya Melekat di Lidah

Secara historis Slovakia merupakan negara bagian Austria-Hungaria yang bergabung bersama dengan Republik Ceko. Berlibur ke Slovakia belum lengkap rasanya terkecuali belum mencicipi kelezatan kuliner berasal dari negara yang satu ini. Secara historis, Slovakia adalah bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria dan sesudah itu Cekoslowakia dan, tidak mengherankan, makanan tradisional Slovakia terlalu tergoda oleh masakan negara-negara tetangganya.

Meskipun lebih dari satu hidangan tradisional Slovakia mirip bersama yang ditemukan di negara-negara Eropa Tengah lainnya, tapi mereka punyai keunikan tersendiri. Makanan Slovakia tidak hanya lezat, tapi terhitung ringan dibuat. Ini tergantung pada sayuran dan buah-buahan musiman yang ditanam di kebun Slovakia dan barang-barang yang ringan diperoleh di supermarket lokal Anda. Bahan umum terhitung kentang, daging, kubis, tepung, jamur, bawang bombay, produk susu dan bawang putih. Singkatnya, kunci dari makanan tradisional Slovakia adalah memanfaatkan bahan-bahan simpel dan banyak cinta.

Mencoba Kuliner Tradisional Negara Slovakia

Berikut lima kuliner tradisional khas Slovakia yang harus kamu coba, rasanya begitu khas dan unik.

1. Bryndzové halušky

Bryndzové halušky adalah makanan yang terbuat dari keju domba memiliki kualitas tinggi. Keju domba tersebut diproduksi secara lokal di Slovakia. Pada makanan ini, keju dihidangkan di atas pangsit kentang yang dikenal dengan sebutan halušky. Bryndzové halušky biasanya dihidangkan dengan taburan sosis dan potongan daging asap agar membuahkan gabungan yang lezat.

2. Kapustnica

Di Slovakia terdapat makanan sup tradisional dan terlalu unik yang dikenal dengan nama Kapustnica. Sup Kapustnica adalah sup kubis yang dihidangkan didalam perayaan Natal sebagai hidangan pembuka atau appetizer. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan tambahan sayur layaknya jamur, kentang, daging asap, dan sosis.

Diolah dengan bumbu khas Slovakia, sup ini menghadirkan cita rasa yang lezat, dan jadi menu pilihan yang cocok untuk wisatawan yang tengah meniti program diet. Makanan ini terlalu enteng dijumpai, karena Kapustnica sudah tersedia di restoran-restoran Slovakia, dengan rancangan penyajian yang berlainan – beda di setiap restoran.

3. Trdelnik

Salah satu makanan yang banyak dijumpai kala musim dingin adalah kue corong atau dikenal dengan Trdelnik ini merupakan kue yang punya aroma kayu manis dengan gulanya yang meleleh siap memanjakan mulut. Dinikmati kala hangat dengan segelas anggur yang dimasak memicu rasa kue ini makin nikmat. Namun baru-baru ini kue Trdelnik terhitung dihidangkan kala musim panas dengan es krim vanila yang diisi di dalamnya. Varian ini menjadikan musim panas yang terik begitu makin mengasyikkan karena kenikmatan dari rasa kue Trdelnik.

Baca Juga: Kuliner Khas Myanmar Menggoda Lidah yang Wajib Kamu Coba

4. Zemiakové Placky

Zemiakové Placky adalah pancake yang terbuat dari bahan dasar kentang. Makanan ini biasanya makanan pendamping untuk sup. Agar membuahkan tekstur renyah di luar dan lembut di didalam Zemiakové Placky digoreng dengan minyak yang memiliki kualitas tinggi. Rasanya dapat terlalu nikmat kecuali disantap kala hangat dengan dengan susu asam, kefir, atau krim asam.

5. Smazeny Syr

Smazeny Syr adalah Makanan tradisional khas Slovakia bersifat keju goreng dan kentang goreng yang dihidangkan dengan saus tartar. Masyarakat Slovakia biasanya menyantap hidangan ini dengan dengan velky pino yaitu bir besar. Untuk rasa lezat sempurna, keju yang digunakan untuk memicu makanan Smazeny Syr adalah keju edam. Unik-unik semua ya kulinernya. Meski unik, rasanya terhitung so pasti nikmat lho!

error: Content is protected !!