Teknologi

5 Teknologi Militer yang Diciptakan di Masa Perang Dunia I

Sejak Perang Dunia II berakhir, teknologi militer berkembang seolah tanpa batas. Setiap hari seakan muncul sistem persenjataan baru yang semakin canggih dan mematikan. Namun, beberapa teknologi militer yang kita kenal saat ini ternyata diciptakan di masa Perang Dunia I. Berikut beberapa di antaranya:

Tank Mark IV yang digunakan Inggris di masa Perang Dunia I.war history online Tank Mark IV yang digunakan Inggris di masa Perang Dunia I. Tak disangkal lagi, tank merupakan salah satu simbol perkembangan teknologi militer paling dikenal di abad ke-20. Tank ternyata dikembangkan secara rahasia oleh sekutu di masa Perang Dunia I dan awalnya disebut sebagai “kapal darat”.

Untuk mempertahankan elemen kejutan, Sekutu menyebut mesin judi bola online perang baru ini dengan nama “Si Pembawa Air”, sebelum mendapatkan nama “tank”. Hingga hari ini, tank masih terus digunakan di banyak konflik militer di seluruh dunia. Meski rancangan dan teknologinya terus berkembang selama satu abad terakhir, tank adalah inovasi yang berakar di Perang Dunia I.

2. Drone

Alat perang kontroversial di abad ke-21 ini juga memiliki akar di masa Perang Dunia I. Pada 1916, AL Amerika Serikat mulai mengembangkan prototipe pesawat pengebom tanpa awak, meski pada awalnya amat tak efektif. Percobaan awal membuahkan hasil yang tak memuaskan dengan akurasi tembakan yang buruk menjadi masalah utama.

Baca Juga : Teknologi Energi Terbarukan

Alhasil, minat dan dana untuk mengembangkan proyek ini mengering, dan upaya awal mengembangkan drone dihentikan. Bertahun-tahun setelah itu, John Stuart Foster Jr, seorang penggemar model pesawat terbang menggunakan hobinya untuk mengembangkan sebuah senjata baru. Pada 1973, Badan Riset Teknologi  Pertahanan AS menciptakan dua prototipe drone yang meski masih “primitif” menjadi dasar bagi teknologi drone masa kini.

3. Kapal Induk

Kapal induk AS, USS Carl VinsonUS Department of Defense/EPA Kapal induk AS, USS Carl Vinson Lima tahun setelah pesawat pertama diluncurkan dari dek kapal laut, Perang Dunia I menuntut inovasi baru perang udara.

Meski berhasil menerbangkan pesawat dari dek kapal laut, tetapi belum pernah ada yang mendaratkannya kembali sebab tak ada kapal khusus yang dibuat untuk keperluan ini. Inggris, ternyata telah membangun sebuah kapal perang baru yang dipersenjatai dengan meriam 18 inci yang amat kuat.

AL Inggris memutuskan meriam itu terlalu kuat dan kemungkinan justru akan merusak struktur kapal bernama HMS Furious itu. Sehingga, harus diciptakan fungsi lain bagi kapal perang itu. Kemudian sebuah landasan besar dipasang di dek kapal itu. Keberadaan landasa tersbut memungkinkan HMS Furious menjadi kapal pertama yang bisa digunakan untuk menerbangkan dan mendaratkan pesawat terbang.

Sebuah pesawat pengintai di masa Perang Dunia I.war history online Sebuah pesawat pengintai di masa Perang Dunia I.

4. Sistem komunikasi pilot

Hingga awal Perang Dunia I, belum ada sistem yang memungkinkan para pilot berkomunikasi dengan pangkalannya di darat. Setelah pesawat mengudara, maka komunikasi pilot dan pangkalannya serta merta terputus. Awalnya dicipkatan kabel komunikasi untuk mengatasi masalah itu, tetapi keberadaan kabel amat mudah diketahui Jerman.

Solusinya adalah mengembangkan teknologi radio dan untuk pertama kalinya digunakan para pilot tempur di Perang Dunia I. Pada 1917, pertama kali suara bisa ditransmisikan dari pilot yang mengudara kepada para perwira di darat. Ini merupakan sebuah terobosan yang bukan saja dalam teknologi militer tetapi juga untuk sistem pengendalian lalu lintas udara saat ini.

5. Senapan mesin

Senapan mesin Vickers.war history online Senapan mesin Vickers. Sebelum Perang Dunia I, senapan Gatling merupakan satu-satunya model yang hampir sama dengan senapan mesin modern. Namun, senapan Gatling tak bisa digunakan di medan perang Eropa yang saat itu terjerumus dalam perang parit yang statis. Sesuatu yang lebih efektif dan mudah dipindahkan amat dibutuhkan dan solusinya adalah senapan mesin Vickers.

Meski pada awalnya senapan mesin itu membutuhkan enam orang untuk mengoperasikannya, senapan Vickers terbukti efektif saat digunakan dalam pertempuran.

error: Content is protected !!