Game Cowok

Fakta-Fakta Proyek DearMoon Gagal Terbang ke Bulan

Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa membatalkan proyek dearMoon. Pengumuman ini dipersembahkan melalui akun resmi X milik dearMoon, ditiru pernyataan pribadi dari Yusaku.

Sebelumnya, Yusaku Maezawa yang mempunyai rencana untuk pergi ke bulan dengan pesawat SpaceX Starship. Melainkan, rencana itu dibatalkan karena SpaceX tidak dapat memberikan kepastian soal kapan Starship akan siap diluncurkan.

Dikutip dari situs resminya pada Selasa (04/06/2024), dearMoon yaitu sebuah proyek pariwisata ke bulan pertama di dunia. Proyek civilian mission direncanakan memakai layanan SpaceX Starship.

SpaceX Starship yaitu layanan pariwisata antariksa yang dapat diakses oleh siapa pun. Berikut fakta-fakta menarik proyek dearMoon.

1. Dijadwalkan Terbang pada 2023

Proyek dearMoon pertama kali diumumkan pada 2018. Pada 7 Februari 2019, Maezawa melalui kanal YouTube dearMoon secara resmi mengundang sutradara Damien Chazelle untuk menjadi crew pertama dalam proyek hal yang demikian.

Melainkan, Damien manjawab bahwa dia akan mendiskusikan tawaran hal yang demikian dengan istrinya slot server thailand no 1 terlebih dahulu. Kemudian pada 3 Maret 2021, Maezawa mengumumkan bahwa dia akan memilih delapan orang untuk mengikuti dearMoon tanpa dipungut biaya.

Kemudian pada 8 Desember 2022, Maezawa secara resmi mengumumkan delapan orang crew dan dua orang crew cadangan yang akan terbang bersamanya ke bulan. Sebelum dibatalkan, segala crew sedang melakukan pelatihan demi lancarnya penerbangan.

Keputusan pembatalan ini dikerjakan sesudah sebelumnya Yusaku mengumumkan penundaan misi dearMoon tanpa batas waktu di November 2023. Penundaan itu dikerjakan sebagian hari sebelum uji coba terbang kedua dari Starship berakhir dengan ledakan.

Anggota DearMoon Diisi Seleb
2. Anggota DearMoon Diisi Seleb

Melalui situs resmi dearMoon, Maezawa sempat mengumumkan kru yang akan mengikuti proyek ini. Misi ini akan ditiru Yusakaku Maezawa selaku crew leader sekaligus pemilik retail fashion asal Jepang. Steve Aoki, DJ dan produser asal Amerika, T.O.P atau Choi Seung Hyun, musisi asal Korea Selatan, Yemi A.D, multi-disciplinary creative asal Czech Republic, Rhiannon Adam, fotografer asal Irlandia, Regu Dodd, YouTuber asal Amerika, Karim Iliya, fotografer asal Inggris, Brendan Hall, pembuat film asal Amerika, dan Dev D. Joshi, pemeran film pria asal India

Kecuali 9 kru utama, terdapat 2 orang kru cadangan, yaitu Kaitlyn Farrington atlet snowboarder asal Amerika dan Miyu, dancer asal Jepang

3. Bayaran

Segala biaya proyek dearMoon akan ditanggung oleh Yusakaku Maezawa sehingga anggota crew lain tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk kesibukan project. Maezawa sudah mempersiapkan kebutuhan project sejak 2018 dengan membeli segala bangku dalam penerbangan SpaceX Starship.

Maezawa mendanai proyek ini dengan cara memasarkan sebagian saham perusahaannya, yaitu Zozotown kepada Yahoo Japan. Melainkan, hingga ketika ini jumlah biaya yang dikeluarkan oleh Maezawa tidak diberitahukan kepada publik.

4. Tujuan DearMoon

Proyek dearMoon bukanlah semata-mata cuma untuk tujuan rekreasi. Projek ini mempunyai tujuan terlebih di bidang seni.

Maezawa berharap bahwa proyek dearMoon dapat menginspirasi anggota crew yang berupakan artis dalam kreasi seni baru mereka. Segala karya anggota kru akan dipresentasikan sesudah mereka kembali ke Bumi

5. Alasan Pembatalan

SpaceX ketika ini sedang merencanakan uji coba terbang keempat, tapi perkembangannya dilaporkan masih jauh dari keinginan. Berdasarkan laporan, pesawat itu masih mendapatkan tantangan dari sisi teknis.

Tidak cuma itu, Ars Technica juga mencatat ada sebagian kemungkinan lain terkait pembatalan proyek ini. Salah satunya yaitu Spacex sekarang lebih fokus pada kontrak dengan pemerintah.

Di samping itu, kekayaan Yusaku Maezawa juga disebut sudah mengalami penurunan hingga separo dari 2018. Lalu, miliarder itu juga sudah pernah pergi ke luar angkasa dengan menumpang roket Soyuz dari Rusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama 12 hari pada 2021.

error: Content is protected !!