Kuliner

Kelezatan Makanan Khas Skotlandia, Seporsi Mana Cukup!

Salah satu negara yang berada dibagian Eropa Utara adalah Skotlandia. Jika datang ke Eropa, Skotlandia adalah salah satu negara yang mempunyai banyak kuliner enak yang kudu dinikmati. Makanan khas Skotlandia kebanyakan adalah makanan tradisional yang telah dikonsumsi masyarakat sejak zaman dulu kala.

Makanan Khas Skotlandia

1. Haggis

Haggis adalah makanan khas Skotlandia dan kudu dicicipi saat datang ke negara tersebut. Makanan ini terbuat berasal dari jeroan domba layaknya berasal dari paru-paru, jantung atau hati domba. Agar membuahkan citarasa khas, makanan dimasak bersama dengan bumbu dan rempah tertentu. Bahan makanan dicampur bersama dengan rempah, bawang, outmeal dan kadang diberi suet atau lemak.

Semua bahan selanjutnya dicampur dan dimasukkan ke dalam lambung domba selanjutnya direbus hingga matang. Namun saat ini haggis tidak senantiasa dimasak bersama dengan lambung domba, pembungkus dapat diganti bahan lainnya yang lebih mudah ditemukan. Cara menyantap haggis adalah di sediakan bersama dengan mashed potato atau kentang.

2. Cullen Skink

Cullen skink adalah makanan yang terbuat berasal dari bahan basic kentang bersama dengan campuran ikan haddock. Kedua bahan basic selanjutnya diolah hingga menyerupai cream sup yang terlalu nikmat untuk disantap saat datang ke Skotlandia. Makanan yang di sediakan bersama dengan roti ini berasal berasal dari kota Cullen, yakni sebuah kota di negara Skotlandia.

Makanan tradisional Skotlandia ini terlalu mudah ditemukan kalau Anda tertarik untuk menikmatinya. Anda dapat memesan cullen skink di hotel tempat menginap atau restoran yang dikunjungi saat berada di Skotlandia. Biasanya makanan ini digunakan sebagai salah satu menu pembuka sebelum saat di sediakan makanan lainnya.

3. Arbroath Smokie

Arbroath smokie cocok bersama dengan namanya merupakan makanan yang berasal berasal dari kota Arbroath. Makanan khas ini ditemukan secara tidak sengaja disaat terjadi kebakaran besar di gudang penyimpanan ikan haddock. Gudang penyimpanan selanjutnya berisi ikan haddock yang tengah diasinkan dan hangus terpanggang akibat kebakaran yang melandanya.

Namun kejadian selanjutnya menciptakan cita rasa ikan haddock yang unik dan enak untuk disantap. Saat ini arbroath smokie dibuat bersama dengan ikan haddock yang di asapi atau smoked fish. Makanan ini banyak digemari masyarakat kurang lebih lebih-lebih yang berada di kota Arbroath. Bagi Anda yang berkunjung ke Skotlandia menu satu ini kudu untuk dinikmati.

4. Dundee Cake

Dundee cake adalah salah satu makanan khas yang dibuat bersama dengan bahan-bahan mahal. Bahan basic pembuatannya adalah kismis, kacang almund dan lebih dari satu kulit buahan. Hidangan khas ini dibuat terhadap abad ke 19 oleh sebuah perusahaan pembuat makanan. Dundee cake diproduksi secara massal dan dipopulerkan oleh perusahaan tersebut.

Kue ini berbentuk simpel layaknya kue biasa berwarna coklat tua. Namun terdapat kacang almund dibagian atas kue yang tersusun unik. Kacang almund disusun sedemikian rupa namun terlalu rapi agar menarik dipandang mata. Selain di Skotlandia, makanan khas ini dapat terhitung ditemukan terhadap negara lainnya yakni Inggris.

5. Cranachan

Makanan khas satu ini dapat dijadikan salah satu menu hemat saat jalan-jalan ke negara Skotlandia. Cranachan adalah style dessert atau pencuci mulut tradisional yang terdapat di Skotlandia. Bahan basic pembuatannya adalah outmeal. Bahan basic selanjutnya dipanggang selanjutnya sesudah itu dicampur bersama dengan whipped cream, madu dan buah raspberi.

Makanan ini di sediakan bersama dengan cara meracik sendiri. Semua bahan telah di sediakan selanjutnya tiap-tiap yang inginkan menikmatinya dapat mencampur seluruh bahan yang tersedia cocok selera sendiri. Cranachan terhitung cocok dibuat untuk sarapan dan dapat dicampur bersama dengan keju. Makanan khas ini awalannya digunakan untuk perayaan panen buah raspberi saat musim panas.

Artikel Makanan Lain-nya: Selain Cokelat, Ini 7 Makanan Khas Belgia yang Wajib Dicoba

6. Stovies

Makanan khas satu ini terlalu cocok bagi Anda yang terlalu menyukai kentang. Stovies adalah makanan yang dimasak bersama dengan manfaatkan bahan basic kentang yang dicampur bersama dengan sayuran. Sayuran yang kerap menjadi campuran adalah wortel dan campuran bawang bombai. Stovies menjadi lebih enak ulang dikarenakan diberi campuran daging.

Daging yang digunakan adalah daging cincang, kornet dan daging sapi panggang. Citarasa berasal dari kentang dan daging ini menyatu menjadi sebuah makanan khas yang menarik untuk dicoba. Stovies kebanyakan di sediakan bersama dengan oatcake. Rasa yang dihasilkan bakal makin banyak variasi bersama dengan kombinasi daging, kentang, sayur dan oatcake.

7. Neeps dan Tatties

Neeps dan Tatties adalah salah satu makanan khas negara skotlandia yang dapat dinikmati saat datang ke Eropa. Lobak dan kentang adalah bahan basic makanan khas ini. Pembuatannya dilakukan bersama dengan menumbuk ke-2 style bahan basic tersebut. Neeps dan Tatties dapat di sediakan bersama dengan haggis atau style makanan lain.

Neeps atau lobak adalah bahan makanan yang banyak ditemukan di negara Skotlandia. Sehingga makanan ini terlalu mudah ditemukan dinegara tersebut. Sebelum di sediakan neeps dan tatties dimasak bersama dengan campuran white papper, butter dan seasalt. Campuran selanjutnya menyebabkan citarasa yang simpel namun terlalu enak untuk dinikmati.

8. Macaroni Pie

Salah satu makanan khas Eropa yang terkanal adalah macaroni pie. Tidak cuma di Skotlandia, makanan ini banyak tersebar di seluruh penjuru Eropa. Namun macaroni pie yang berada di Skotlandia mempunyai ciri khas tersendiri. Macaroni pie Skotlandia terbuat berasal dari bahan baku makaroni dan keju yang terlalu enak. Kedua bahan ini dimasukkan ke dalam cangkang makaroni.

Setelah dimasukkan ke dalam cangkang makaroni, proses setelah itu adalah dipanggang hingga keras. Bagian luar terlihat keras dan gurih namun bagian dalam terlalu lembut dikarenakan tersedia lelehan keju. Makanan ini terlalu cocok untuk dinikmati sebagai camilan saat datang ke Skotlandia. Makaroni dan keju yang kaya rasa terhitung terlalu cocok untuk yang menyukai ke-2 bahan tersebut.

9. Scotch Pie

Pie adalah salah satu makanan yang telah kondang di seluruh dunia. Skotlandia mempunyai makanan khas berbentuk pie bersama dengan citarasa berbeda. Scotch pie di Skotlandia berukuran kecil dan banyak dijadikan sebagai camilan. Teksturnya mirip layaknya macaroni pie yang keras diluar namun terlalu empuk dibagian dalamnya. Pie tradisional ini mempunyai isian yang terbuat berasal dari daging cincang.

Rasa scotch pie terlalu enak dikarenakan terbuat berasal dari daging domba atau style daging lainnya. Daging ini dicincang dan dibumbui bersama dengan bermacam rempah sebelum saat dijadikan isian scotch pie. Makanan ini banyak di sediakan dalam tiap-tiap acara-acara yang di selenggarakan terhadap negara Skotlandia.

10. Bridie

Forfar bridie atau die adalah makanan Skotlandia yang sejenis bersama dengan kue. Makanan ini berasal berasal dari sebuah kota di Skotlandia, yakni kota Forfar. Kue ini adalah pie daging yang dibuat manfaatkan bahan basic daging sapi cincang. Daging ini ditambahkan bersama dengan bermacam macam rempah dan bumbu khusus sebelum saat dilakukan proses memasak. Bridie mempunyai citarasa gurih, renyah dan sedikit asin.

Bridie adalah nama sebutan yang diucapkan oleh seorang tukang roti dikota tersebut. Forfar bridie banyak di sediakan sebagai salah satu camilan terhadap acara pesta pernikahan. 10 style makanan khas Skotlandia layaknya di atas dapat Anda menikmati disaat datang ke negara tersebut. Meski Skotlandia tidak begitu kondang bersama dengan kulinernya, namun makanan-makan selanjutnya terlalu enak untuk dinikmati. Bagi masyarakat Indonesia yang beragama Islam, makanan selanjutnya dapat dinikmati dikarenakan terbuat berasal dari bahan-bahan halal.

error: Content is protected !!