Komedi

Komedi Jepang. Cocok Nggak Ya Buat Selera Orang Indonesia?

Setiap negara pasti memiliki budaya komedi yang unik dan menarik, termasuk Slot777 negara Jepang. Komedi Jepang memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda terlebih dengan budaya barat. Pasalnya, orang Jepang kerap memisahkan antara komedi dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Hal itulah yang menjadikan komedi begitu istimewa di Jepang dan tidak ditemui di negara manapun. Jepang memiliki 4 jenis komedi, yang masing-masing komedi memiliki ciri khas tersendiri, baik secara pembawaan, cerita, maupun comedian yang membawakannya. Namun, sebelum mengetahui lebih banyak soal hal tersebut, simak dulu sejarah komedi Jepang berikut ini.

Mengenal Sejarah Komedi Jepang

Orang Jepang sering dianggap memiliki karakter yang serius dan tanpa humor sama sekali. Pasalnya, orang Jepang cenderung memisahkan antara humor dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, orang Jepang memiliki tradisi “curated laughter” atau sebagai pertunjukkan live comedy, di mana orang Jepang dapat dengan bebas tertawa dan melepaskan diri dari kehidupan keseharian.

Dari situlah dimulai perkembangan dan evolusi dari pertunjukkan komedi di Jepang. Komedi tradisional Jepang yang tertua adalah manzai yang berasal dari festival tradisional zaman Heian. Kemudian, komedi tersebut berlanjut ke zaman Edo dan juga Taisho (1912-1926) hingga sekarang ini (※).

Setelah itu, muncul komedi Jepang bernama rakugo yang menjadi hiburan bagi orang-orang kelas bawah atau orang-orang kota yang bekerja di bidang industrial. Rakugo berbeda dengan Manzai karena rakugo lebih mengandalkan dialog dan cerita atau bisa dibilang rakugo adalah stand-up komedi khas Jepang.

Semakin majunya teknologi di Jepang juga membuat humor Jepang mengalami perkembangan. Misalnya, yaitu munculnya owarai yaitu pertunjukkan komedi yang modern dan biasanya disiarkan di televisi, seperti di game ataupun variety show. Meskipun owarai begitu booming, namun baik manzai, kyogen, dan juga rakugo masih sering ditampilkan di Jepang hingga kini.

Artikel Pilihan

Di atas telah dijelaskan bagaimana sejarah komedi Jepang, yang pada awalnya hanya mengenal 2 jenis saja dan kini menjadi 4 jenis komedi. Oleh karena itu, di Jepang, komedinya begitu berkembamg hingga sekarang ini. Meskipun begitu, Jepang memiliki karakter komedi tersendiri dan berbeda dengan negara-negara barat pada khususnya.

Misalnya, terlihat pada pertunjukkan manzai dan rakugo, dialog maupun ceritanya selalu diiringi dengan ekspresi dan gerak tubuh yang seringkali dilebih-lebihkan. Hal ini sebagai simbol agar penontonnya bebas ikut tertawa karena orang Jepang cenderung ‘kaku’. Kemudian, perbedaan mencolok lainnya adalah humor Jepang selalu membatasi antara komedi dan politik.

Jika negara barat seperti Amerika akan memasukkan politik ketika membawakan komedi, hal ini begitu berbeda di negara Jepang. Di Jepang, menggabungkan komedi dan politik adalah hal yang tabu. Dengan pendekatan humor yang lebih serius, bisa dibilang orang Jepang menganggap tertawa bukanlah bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Namun, karena hadirnya owarai, generasi muda Jepang menjadi tidak terlalu kaku ketika membawakan komedi meskipun masih memiliki batasan tertentu. Pasalnya, selera humor pada suatu negara pasti berasal dari budaya dan juga sejarah bertahun-tahun lamanya.

Kemudian, komedi Jepang lebih menekankan pada interaksi penonton. Oleh karena itu, owarai direkam langsung di depan penonton di studio dan mempertahankan aspek keterlibatan penonton. Bisa juga mereka menempatkan staf untuk dijadikan sebagai penonton dan menjadikannya sebagai isyarat tawa.

4 Jenis Komedi Jepang

Setelah mengetahui karakteristik komedi di negara sakura, kini saatnya mengenal 4 jenis komedinya. Keempat jenis komedi ini sudah disinggung sedikit pada bagian sejarah komedi Jepang. Namun, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang 4 jenis komedinya, berikut ini adalah ulasannya:

1. Manzai

Komedi yang satu ini adalah komedi yang biasanya dibawakan oleh dua karakter lucu dengan tempo lawakan yang cepat. Misalnya, salah satu karakternya memiliki pribadi yang bodoh atau disebut juga boke. Kemudian satu karakter lainnya mengoreksi kesalahan atau memperbaiki kebodohan yang dilakukan oleh karakter satunya, atau disebut juga sebagai tsukkomi.

Dialog pada manzar terdiri dari lelucon, kesalahpahaman antar dua karakter dan permainan kata-kata yang lucu. Hingga kini, komedi jenis manzai masih dipertontonkan karena penggemarnya banyak.

2. Owarai

Secara harfiah, owarai dalam bahasa Jepang adalah tertawa. Owarai adalah jenis komedi modern sehingga seringkali menampilkan unsur-unsur luar negeri yang sangat beragam. Oleh karena itu, tidak heran jika pemeran owarai seringkali tampil pada acara-acara tv, seperti variety dan game show, pertunjukkan musik, dan lain sebagainya.

3. Kyogen

Jenis komedi yang satu ini sudah ada sejak abad ke-14 dan komedinya bersifat satire dan juga slapstick. Ciri khas komedi kyogen adalah para karakternya akan membuat ekspresi wajah yang konyol maupun gerakan yang dilebih-lebihkan sehingga membuat penonton tertawa. Biasanya kyogen akan tampil secara bersamaan dengan pertunjukkan teater tradisional Jepang, yaitu Noh.

4. Rakugo

Ini adalah jenis komedi tradisional Jepang yang akan dibawakan oleh satu karakter saja. Secara harfiah, dalam bahasa Jepang, Rakugo berarti ‘kata-kata yang jatuh’. Biasanya karakter tersebut disebut sebagai komikal karena akan menceritakan cerita yang kompleks namun lucu. Bisa dibilang jenis komedi yang satu ini sama seperti stand-up komedi yang marak dipertontonkan sekarang ini.

Unik, Ternyata Ada Sekolah Komedi di Jepang

Di atas telah dijelaskan mengenai 4 jenis komedi yang ada di Jepang. Kini, saatnya mengetahui tentang sekolah komedi yang ada di Jepang. Pasalnya, untuk menjadi komedian profesional di Jepang, seseorang tersebut harus menempuh pendidikan di sekolah agensi komedi terlebih dahulu. Di Jepang sendiri ada banyak sekolah komedi yang disebut juga dengan ‘Jimusho’.

Namun, pada masa dahulu, untuk menjadi komedian, seseorang akan berusaha keras untuk menjadi ‘murid’ dari bintang comedian besar. Misalnya, seseorang tersebut rela menunggu comedian bintang tersebut keluar dari stasiun TV atau radio dan memintanya untuk menjadi muridnya. Namun, hal tersebut tentu menakutkan bagi sebagian besar comedian bintang besar.

Oleh karena itu, kini Jepang memiliki sistem baru untuk menggantikan sistem tradisional bagaimana cara menjadi komedian Jepang yang profesional. Sekolah agensi komedi tersebut mendidik para siswanya dan kemudian membukakan jalan untuk berkarir sebagai comedian profesional.

Baca Juga : Benyamin Sueb, Seniman Betawi Yang Serba Bisa

Calon comedian profesional akan diajarkan keterampilan dasar seperti bagaimana menghasilkan suara comedian dan bagaimana menemukan karakter komedi yang pas. Mereka juga akan mempresentasikan pada teman-teman sesama calon comedian profesional untuk mulai menunjukkan bakatnya.

Tidak hanya diajarkan keterampilan dasar, tetapi para calon comedian profesional juga dididik untuk bisa menyanyi dan juga menari. Bahkan, agensi tersebut juga mencarikan nama panggung yang pas bagi seseorang comedian dan juga mencarikan gaya yang khas.

Jika tertarik untuk bersekolah di sekolah agensi komedi, calon siswa hanya perlu mendaftarkan diri dan mengikuti audisinya. Biaya masuk yang perlu dibayarkan yaitu 108.000 Yen dan 324.000 untuk biaya sekolah. Sedangkan, para siswa komedi juga wajib membayar asuransi sekolah sebesar 5.000 Yen (※).

Itulah ulasan mengenai komedi Jepang yang menarik untuk diketahui. Ternyata, begitu uniknya komedi di Jepang tidak terlepas dari budaya dan sejarah yang berlangsung bertahun-tahun lamanya. Meskipun begitu, komedi tetap dipertontonkan hingga sekarang bahkan kini di Jepang, sekolah agensi komedi semakin menjamur untuk menghasilkan bintang komedi profesional.

error: Content is protected !!