Kuliner

Kuliner Tradisonal Khas Probolinggo Yang Terkenal Dan Lezat

Salah satu kuliner tradisional khas Probolinggo yang terkenal dan lezat adalah “sate kambing Madura”. Meskipun dikenal sebagai kuliner khas Madura, sate kambing ini juga sangat populer di Probolinggo dan sekitarnya. Sate kambing Madura terbuat dari potongan daging kambing yang dimarinasi dengan bumbu rempah-rempah khas, kemudian ditusukkan ke tusukan bambu dan dipanggang di atas bara api.

Selain sate kambing Madura, ada juga “pecel semanggi”. Semanggi adalah tumbuhan liar yang tumbuh di daerah pegunungan, dan Probolinggo dikenal memiliki semanggi yang sangat lezat. Semanggi direbus dan disajikan dengan bumbu pecel yang khas, terdiri dari sambal kacang, irisan mentimun, dan irisan tahu goreng. Pecel semanggi Probolinggo sering disajikan dengan nasi atau lontong.

Selanjutnya, ada “pecel pincuk”. Pincuk adalah jenis daun sayuran hijau yang biasanya disajikan dengan bumbu pecel yang khas. Daun pincuk direbus dan disajikan dengan sambal kacang, irisan mentimun, dan irisan tahu goreng. Pecel pincuk merupakan hidangan yang sangat populer di Probolinggo dan sering dijadikan sarapan atau makanan ringan.

Terakhir, ada “nasi jagung”. Nasi jagung adalah nasi yang dimasak dengan santan nexus slot kelapa dan diberi tambahan jagung pipilan. Nasi jagung ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Biasanya disajikan dengan lauk pauk khas Jawa Timur seperti ayam goreng, sambal terasi, dan sayuran rebus.

Itulah beberapa contoh kuliner tradisional khas Probolinggo yang terkenal dan lezat. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan merupakan bagian dari kekayaan kuliner daerah Jawa Timur.

error: Content is protected !!