Game Cowok

Mahasiswa UGM ciptakan permainan cerdas budaya Indonesia

Jakarta – Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menciptakan permainan interaktif untuk menghadirkan dan melestarikan budaya Indonesia. Permainan interaktif tersebut diberi nama “Nura Smart Card: Kartu Bermain pilaza.com Pintar Menjelajah Nusantara”. Keempat mahasiswa UGM tersebut adalah Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), dan Haris Nur Rahmawati dari jurusan Ilmu Ekonomi. . dan bisnis (FEB).

Game interaktif ini diciptakan oleh sekelompok mahasiswa UGM saat kegiatan akhir pekan mahasiswa (PKM) bidang bisnis yang sukses menggalang dana pada tahun 2021. Konsep pembuatan game

Salah satu anggotanya, Muhammad Haris Yulianto mengungkapkan, ide pembuatan game ini bermula dari menurunnya minat membaca generasi muda seiring perkembangan zaman.

“Ide pembuatan permainan kartu pintar untuk menjelajah pulau ini muncul karena pesatnya perkembangan globalisasi dan menyebabkan (semakin) merugikan kepentingan generasi muda terutama dalam hal budaya, namun tidak ada banyak buku pelajaran menarik atau media pendidikan lainnya yang membahas tentang budaya Indonesia,” kata Haris seperti dikutip detikEdu di situs pemerintah Indonesia. UGM, Senin (9/8/2021). Seperti namanya, permainan kartu berputar “Nura Smart Card” ini bentuknya seperti permainan berputar.

Permainan “Nura Smart Card” dimana anak-anak atau siapapun akan memutar kartu pintar tersebut dan mendapatkan informasi berbeda tentang budaya Indonesia. Informasi ini akan muncul secara otomatis begitu peta berhenti berputar dan tanda panah menunjuk ke wilayah Indonesia yang sama.

Dalam tayangan informasi tersebut akan diberikan pengetahuan tentang budaya 34 daerah di Indonesia, mulai dari budaya rumah, budaya musik, budaya pakaian, dan budaya senjata. Menariknya, kartu tersebut didesain dengan warna dan dirancang untuk berfungsi di kedua sisi, depan dan belakang. Informasi kebudayaan 34 provinsi di Indonesia juga tersedia dalam dua sisi, 17 provinsi depan dan 17 provinsi belakang. Selain itu, “Nura Smart Card” hadir dengan dua barcode. Yang pertama adalah barcode yang mengarahkan pemain ke email yang berisi kumpulan informasi detail tentang budaya Indonesia. Kode entri kedua akan mengarahkan pemain untuk mendapatkan pertanyaan chat dan permainan lainnya ketika dipindai dengan perangkat Anda (smartphone).

error: Content is protected !!