Politik

Mengapa Masyarakat, Khususnya Anak Muda Harus Melek Politik, Begini Alasannya

Dari era sebelumnya hingga era modern ini, keberadaan politik sangatlah mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang memberikan sikap abai dan memiliki banyak alasan untuk tidak melek politik terhadap masalah politik dan tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bidang politik.

Jumlah masyarakat yang kurang melek politik umumnya tergolong ke dalam kalangan anak muda. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat, terutama anak muda untuk melek politik sejak dini. Yuk, simak apa itu melek politik hingga alasan mengapa masyarakat harus melek politik!

Apa itu Melek Politik?

Melek politik merupakan kemampuan seorang individu untuk memahami, mengidentifikasi, dan terlibat dalam proses politik serta pemilihan umum. Individu yang melek politik mampu memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta dapat mengakses informasi tentang isu-isu politik dan kandidat yang ada dalam pemilihan umum.

Baca Juga : Pilpres 2024 Diprediksi Diikuti 3 Capres, Siapa Saja Calonnya

Selain itu, mereka juga mampu menganalisis informasi yang diberikan oleh media massa dan melakukan pemilihan dengan cara yang rasional. Dengan begitu, ketika berhadapan dengan proses politik seperti pemilihan umum, individu dapat memiliki kemampuan dalam memilih dengan tepat sesuai dengan aspirasi dan kesadaran politiknya.

Urgensi Melek Politik

Untuk mengawali kehidupan demokrasi, mendukung terciptanya kontrol sosial, serta menjamin pemerintahan yang bersih, kita harus membentuk masyarakat yang memiliki kesadaran politik yang cukup. Kesadaran politik atau melek politik ini berarti bukan hanya mengetahui cara kerja dan sistem politik, tetapi juga memahami bagaimana politik dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting dilakukan agar kita bisa berpartisipasi aktif dalam mencapai kehidupan yang diinginkan. Belajar dari pencatatan sejarah, kemerdekaan Indonesia pun tidak hanya dicapai melalui perang gerilya atau tindakan peperangan lainnya, tetapi juga melalui banyak gerakan politik dan diplomasi di tingkat internasional. Oleh karena itu, melek politik sangatlah penting dalam memastikan keberhasilan pemerintahan Indonesia yang berkelanjutan.

Alasan Mengapa Masyarakat Harus Melek Politik

Agar kamu lebih memahami pentingnya melek politik, yuk simak alasan mengapa masyarakat terutama anak muda harus melek politik!

1.     Mengkritik kebijakan pemerintah secara objektif

Ketika masyarakat melek politik, maka mereka dapat mengevaluasi kebijakan pemerintah dengan cara yang lebih objektif. Mereka dapat membandingkan kebijakan tersebut dengan kebijakan di tempat atau negara lain dengan kondisi mirip atau serupa. Masyarakat juga dapat memberikan kritik yang konstruktif terhadap kebijakan pemerintah tersebut.

2.     Meningkatkan sikap toleransi dalam masyarakat

Dalam politik, banyak terjadi perbedaaan perspektif atau pandangan yang dapat memicu terjadinya konflik antar kelompok masyarakat. Namun, ketika masyarakat melek politik, maka mereka bisa lebih paham akan perbedaan pandangan dan memiliki sikap toleransi yang jauh lebih baik dalam menerima perbedaan pandangan yang terjadi.

3.     Melawan dan menghentikan penyebaran berita palsu

Dalam era digital seperti sekarang ini, penyebaran berita palsu atau hoaks sangat rentan terjadi dan dapat mempengaruhi opini masyarakat. Dengan melek politik, masyarakat bisa mengidentifikasi berita palsu dan melakukan tindakan yang tepat untuk mencegah penyebab terjadinya fenomena hoaks tersebut.

4.     Memilih pemimpin yang berkualitas

Semakin banyak masyarakat yang melek politik, maka semakin banyak Rtp Slot pula jumlah masyarakat yang memiliki kemampuan untuk memilih pemimpin dengan kualitas yang baik. Pemimpin yang berkualitas akan mampu memimpin masyarakat dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang tepat demi kemajuan negara.

5.     Menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia

Bukan hanya dapat memilih pemimpin yang berkualitas, anak muda yang melek politik juga memiliki peluang untuk menjadi calon pemimpin untuk masa depan Indonesia. Mereka dapat belajar dari pengalaman pemimpin saat ini dan mengetahui apa saja kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, mereka dapat memimpin dengan baik di masa depan kelak.

6.     Kita masa bangsa depan

Alasan selanjutnya mengapa masyarakat harus melek politik adalah karena masyarakat yang melek politik merupakan masa depan bangsa. Kita memiliki tanggung jawab untuk membangun negara yang jauh lebih baik dan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan negara.

7.     Memperluas pengetahuan

Melek politik juga dapat memperluas pengetahuan seseorang tentang berbagai aspek politik, seperti sistem pemerintahan, partai politik, dan lain-lain. Pengetahuan ini dapat membantu seseorang untuk mengambil keputusan yang tepat dalam politik.

8.     Cara Menyuarakan Pendapat

Dengan melek politik, masyarakat dapat menyuarakan pendapat mereka secara lebih baik dan tepat. Mereka dapat memberikan pandangan yang lebih konstruktif terhadap kebijakan pemerintah atau masalah politik yang terjadi.

Kuasai Political Marketing dengan Mudah

Politik memang memiliki banyak atribut dan memerlukan pembahasan yang mendalam. Jika kamu ingin mulai menjadi melek politik, atau bahkan ingin menjadi penggiat politik, kamu bisa mengikuti program Executive Mini MBA Political Marketing di Kuncie.

Political Marketing atau pemasaran politik menjadi salah satu unsur penting dalam dunia politik. Tujuan dari pemasaran politik ini adalah agar bisa menyampaikan pesan atau komunikasi secara tepat sasaran untuk masyarakat. Nah, program Executive Mini MBA Political Marketing di Kuncie menjadi program pertama & satu-satunya yang setingkat dengan MBA. Dalam 10 minggu proses belajar, kamu sudah bisa menguasai pemasaran politik, lho!

error: Content is protected !!