Politik

Prabowo Bertemu Dengan SBY, Akankah Demokrat Menjadi Koalisi Gerindra

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan. (Instagram @prabowo) Foto: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden agen sbobet ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Pacitan. (Instagram @prabowo)

Partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung bacapres Prabowo Subianto akan berkumpul di kediaman pribadi Prabowo di Hambalang, Jawa Barat, sore ini. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) direncanakan turut hadir dalam pertemuan itu.

“Iya (partai KIM kumpul di Hambalang). Insyaallah sama Demokrat,” kata Waketum PAN Yandri Susanto saat dihubungi, Minggu (17/9/2023). Ditanya soal apakah Demokrat akan resmi bergabung KIM, Yandri ogah menjawab. Dia menyerahkan kepada Prabowo atau SBY yang akan menyampaikan kepada publik.

“Ya nanti tunggu aja dulu akan ada pernyataan resmi dari Pak Prabowo atau Pak SBY kan,” ujarnya. Yandri mengatakan memang SBY direncanakan juga akan ikut dalam pertemuan tersebut. “Insyaallah, insyaallah (SBY hadir ke Hambalang),” lanjut dia.

Diketahui, Partai Demokrat disebut bakal bergabung dengan KIM. Ketum PAN Zulkifli Hasan bakal menyambut bergabungnya Demokrat. Hal itu diungkap Zulhas usai meresmikan Toko NUMAN di Padukuhan Grogolan, Kalurahan Umbulmartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman. Zulhas bilang akan menggelar karpet biru untuk Demokrat.

“Kita kasih karpet biru, untuk Demokrat,” kata Zulhas dkutip detikJateng, Minggu (17/9). Meski demikian, Zulhas belum bisa memastikan kapan Partai Demokrat akan mengumumkan masuk ke koalisi. Dia mengungkap akan bertemu dulu dengan Partai Demokrat. “(Kapan Demokrat masuk?) Ya, nanti sore ketemu duluan,” ungkapnya.

SBY-Prabowo Bertemu, Gerindra Harap Demokrat Deklarasi Sikap Resmi

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman Bacapres Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat. Gerindra mengatakan ada pembahasan intens antara Demokrat dengan partai-partai pengusung Prabowo yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Tadi komunikasi sangat intens banyak pembahasan, tentu kita berharap pada saatnya nanti Partai Demokrat akan mengumumkan atau mendeklarasikan secara resmi,” kata Waketum Gerindra Budi Djiwandono di Hambalang, Bogor, Minggu (17/9/2023).

Budi mengatakan pembahasan dengan SBY dan AHY sangat serius tapi penuh canda. Budi berharap Demokrat segera mengumumkan arah dukungannya secara resmi. “Tapi tadinya kita sangat intens, sangat terbuka pembahasannya penuh bercanda tapi serius dan saya rasa kami menangkap semangat Pak SBY dan tentu Ketua Umum Demokrat Mas AHY dan kami sangat berharap pada waktunya nanti akan ada pengumuman secara resmi,” kata Budi.

Diketahui sebelumnya, Kedatangan para petinggi Demokrat ini disebut sinyal bergabungnya ke KIM pengusung bacapres Prabowo. SBY dan AHY disambut Prabowo di kediamannya, hari ini. Berdasarkan rekaman video, Prabowo yang mengenakan kemeja berwarna biru gelapmenyapa langsung SBY ketika turun dari mobil. Kedua tokoh saling bersalaman dan bertukar senyum.

Baca Juga : Jokowi Cerita Awal Masuk Politik: Hanya Satu yang Saya Bangun, Trust

“Hidup SBY!” teriak Wasekjen Demokrat Jansen Sitindaon saat SBY keluar dari mobilnya. Kemudian AHY terlihat menyapa sejumlah tokoh, termasuk Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Tampak Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato hingga Ketum PAN Zulkifli Hasan di sana.

SBY tampak bersalaman satu per satu dengan tokoh KIM. SBY juga menyalami Ketum Gelora Anis Matta. Terlihat pula Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar dan Jenderal TNI (Purn) Wiranto di lokasi. “Ini saya baru pertama kali, luas sekali Bapak,” tutur Annisa Pohan sembari menyalami Prabowo.

Prabowo kemudian mengajak SBY dan jajaran ke tempat yang sudah dipersilakan. Tampak bendera Demokrat menyambut mereka. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di sana. Jajaran Demokrat dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju kemudian melakukan pertemuan secara tertutup.

error: Content is protected !!