Komedi

Profil 8 Komedian Wanita Populer Saat Ini

Dunia hiburan Indonesia tak pernah sepi dari komedian wanita, dulu pernah populer pada eranya pelawak Ratmi B-29. Kini, bermunculan komedian perempuan yang tidak kalah lucu dengan pelawak pria, dan tak lagi sebagai “hiasan” panggung lawak semata.

Eksistensi Komedian Wanita

Berikut profil komedian wanita yang saat ini masih eksis mengocok perut penonton televisi.

1. Nunung

Komedian wanita senior ini mengawali kariernya dalam dunia hiburan sejak masih remaja. Saat itu, pemilik nama asli Tri Retno Prayudati bergabung dengan grup lawak Srimulat, tetapi namanya baru meroket ketika bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Pada 1999, ia berhasil memenangkan Panasonic Awards sebagai Bintang Komedi Wanita Terfavorit, seperti dilansir panasonicgobelawards.com.

Sayangnya, pada 2019, ia tertangkap karena mengonsumsi situs judi bola narkoba bersama sang suami, July Jan Sambiran dan divonis 1,5 tahun rehabilitasi.

2. Ayu Ting Ting

Pemilik nama asli Ayu Rosmalina melambung kariernya berkat lagu utamanya, yaitu Alamat Palsu. Meskipun ia memang terkenal menguasai dunia tarik suara, tetapi banyolannya dapat membuat orang tertawa. Terbukti, ia beradu peran dengan Boy William dalam film genre komedi Dimsum Martabak pada 2018.

Tahun ini, Ayu Ting Ting meraih penghargaan Komedian Selebriti Terfavorit dalam Indonesian Comedy Awards 2022, mengalahkan Andhika Pratama, Andre Taulany, Desta dan Gilang Dirga.

Darah seni Soimah sudah mengalir dari keluarganya sehingga wajar saja ia pandai dalam menyinden. Tidak hanya terkenal karena suaranya, melainkan berkat pembawaan yang lucu sehingga ia kerapkali didapuk menjadi komedian.

Keahliannya dalam melawak membuatnya mendapat program talk show pribadi berjudul @Show Imah. Ia juga kerap muncul di televisi dalam beberapa acara, di antaranya Indonesia Mencari BakatComedy Project, dan Opera Van Java.

4. Arafah Rianti

Komedian wanita satu ini memulai kariernya di dunia lawak dalam mengikuti ajang Stand Up Comedy Academy (SUCA) 2. Dengan kepolosan dan sifat pemalunya ini, arafah berhasil menduduki posisi runner up dalam SUCA 2. Akhir-akhir ini, ia sedang merambah dalam dunia peran. Salah satu film yang ia bintang adalah Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga.

5. Aci Resti

Sama dengan Arifah, Aci memulai kariernya ketika ia mengikuti SUCA 2. Di sana pula, ia bertemu dengan Arafah, bahkan bersaing. Dengan kegigihannya, ia berhasil memenangkan SUCA 2 mengalahkan teman dekatnya, Arafah. Kendati demikian, Aci dan Arafah pernah bermain dalam film komedi yang sama, yaitu Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga. Selain itu, pada tahun ini, Aci membintangi film Gara-Gara Warisan.

6. Kiky Saputri

Kiky memulai debutnya dalam dunia hiburan sebagai finalis SUCA 4 pada 2018. Saat itu, Kiky dieliminasi dua kali, pertama di babak 24 besar, kemudian memperoleh wild card dan kedua di babak 8 besar. Meskipun ia tidak sampai babak grand final, tetapi ia banyak membintangi film dan acara televisi, di antaranya Imperfect the SeriesLapor Pak!, dan Susah Sinyal the Series, seperti dilansir Antaranews.

Ia juga berhasil meraih penghargaan Anugerah Komedi Indonesia sebagai Komedian Wanita Terpilih pada 2022.

7. Rina Nose

Pemilik nama asli Nurina Permata Putri mengawali kariernya karir dalam grup Jurnal yang mengikuti Audisi Pelawak TPI (API) sesi 3. Selain itu, ia pernah mengikuti ajang Superstar Show 2007 bersama Ki Daus. Lewat acara tersebut, bakat Rina dalam dunia tarik suara mulai terungkap dan membuka jalan kariernya di dunia hiburan. Nama Rina Nose sebagai komedian semakin melambung ketika bermain dalam Sketsa Tawa (2008-2015).

Pada 2022, Rina Nose berhasil memenangkan Anugerah Komedi Indonesia sebagai Komedian Wanita Terfavorit.

8. Hesti Purwadinata

Hesti Purwadinata memulai debutnya di dunia televisi sebagai presenter dan pemain film. Namanya semakin meroket lantaran menjadi pembawa acara Tonight Show di NET. bersama Vincent Rompies, Desta, dan Enzy Storia. Ia terkenal dengan tingkah konyolnya ketika menjadi presenter sehingga penonton pun terhibur. Selain Tonight Show, komedian wanita sunda ini turut meramaikan Lapor Pak! dan Bercanda tapi Santai (BTS).

error: Content is protected !!