Komedi

Sejarah Lahirnya Stand Up Comedy: Awalnya Berupa Pertunjukan Teater

Stand up comedy merupakan salah satu wujud komedi yang umumnya dibawakan oleh pemain solo yang berkata langsung kepada penonton. Biasanya stand up comedy pertama di indonesia para komedian ini membawakan materi bersama dengan jenis monolog.

Mengutip dari Britannica, histori stand up comedy di mulai sejak tahun 1800an di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya pertumbuhan stand up comedy termasuk ditemui di bermacam benua. Awalnya, stand up comedy adalah bersifat teater. Dahulu di amerika tersedia sebuah teater yang bernama The Minstrel Show yang diselenggarakan oleh Thomas Dartmouth “Daddy” Rice.

The Minstrel Show memulai kiprahnya tepat sebelum terjadi perang saudara di Amerika. Meskipun lawakannya tetap bersifat sejarah komedi lawakan yang sederhana, namun justru memperoleh animo yang terlampau besar dari warga Amerika saat itu.

Stand Up Di Amrerika

Namun, mulanya acara ini banyak punya kandungan unsur rasisme yang terlampau menonjol. Salah satunya yakni para komediannya bersama dengan sengaja menghitamkan wajah mereka yang mempunyai tujuan contoh stand up comedy untuk mengejek warga Amerika yang berkulit hitam. Pada saat itu, para komedian melucu bersama dengan langkah Slapstick atau yang lebih dikenal bersama dengan Physical joke.

Setelah itu, lahirlah sebuah teater yang bernama “Vaudeville”. Teater ini tetap tampil bersama dengan format yang mampu dikatakan apakah charlie chaplin bisu serupa bersama dengan The Minstrel Show, bedanya Vaudeville udah merata ke nyaris semua entertainment seperti komedi, musik, sulap dan lain sebagainya.

Komika Vaudeville merasa sering lakukan one man show. Pada saat yang serupa lahirlah sebuah show tandingan bagi Vaudeville yang charlie chaplin berasal dari bernama Burlesque.

Burlesque hadir bersama dengan mengadopsi segmen The Olio punya Minstrel Show. Di mana para pelawaknya menggunakan monolog dan pidato sebagai wujud lawakan mereka,dengan setting panggungnya yang kecil dan lebih akrab kepada penonton.

Perintis Stand-Up Comedy di Indonesia

Seiring berkembangannya teknologi bersama dengan munculnya Radio dan Televisi. Komedi bersama dengan format stand up jadi dikenal luas. Namun hal ini tidak bertahan lama, dikarenakan terhadap waktu itu orang-orang lebih meminati acara musik live,dan kelab malam.

Namun, tidak seluruh komedian menyerah begitu saja. Mereka lagi jadi melakukan komedi tunggal bersama dengan format stand up melalui cafe-cafe dan sejenisnya. Hingga terhadap akhirnya ada beberapa stasiun televisi yang bersedia sebabkan sebuah acara bersama dengan format StandUp Comedy seperti, The Ed Sullivan Show, dan The Tonight Show.

Hingga akhirnya terhadap tahun 1959 lahirlah sebuah acara The Steve Allen Show yang menampilkan seorang komedian bernama Lenny Bruce. Dari acara inilah stand up comedy jadi berkembang diberbagai negara.

Baca Juga : Sejarah dan Jenis Film Komedi

Sejarah panjang lahirnya StandUp Comedy diawali kurang lebih th. 1800an di mahjong ways 2 Amerika yang kala itu untuk pertama kalinya masih berwujud teater. Dahulu di amerika ada sebuah teater yang bernama The Minstrel Show yang diadakan oleh Thomas Dartmouth “Daddy” Rice.

The Minstrel Show memulai kiprahnya tepat sebelum saat terjadi perang saudara di Amerika. Meskipun lawakannya masih berwujud lawakan yang amat simple, akan tapi justru meraih animo yang amat besar dari warga Amerika kala itu. Terutama dari warga Amerika dengan kalangan menengah ke atas.

Rasisme Yang Sering Terlontar

Akan tapi acara ini banyak memiliki kandungan unsur rasisme yang amat menonjol, umpama nyatanya adalah para comic nya yang dengan sengaja menghitamkan wajah mereka yang mempunyai tujuan untuk mengejek warga Amerika yang berkulit hitam / orang berkulit hitam.

Pada kala itu Mic belum lahir , para comic melucu dengan langkah Slapstick atau yang lebih dikenal sekarang dengan Physical joke. Meskipun begitu, acara ini mampu bertahan sampai memasuki abad ke 20.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan the minstrel show tambah lama justru tambah menjurus ke arah teater musikal bertema komedi pada segmen pertamanya. Pada segmen ke dua ada sebuah acara yang disebut The Olio yang dibawakan oleh sebuah group yang berjumlah 2 orang bernama “The Endmen” yang dalam aksinya mereka jalankan sejenis pidato yang dalam isinya berwujud menyindir para politisi atau cuma sekedar mengulas kehidupan sehari-hari. Dan justru dari sinilah dimulainya awal kehidupan StandUp Comedy.

error: Content is protected !!