Politik

Strategi Politik Kaesang Menuju Pilkada Depok

Pengamat politik Universitas Andalas, Prof. Asrinaldi, mengapresiasi strategi politik yang dilakukan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang berkeinginan maju di “Depok Pertama”. Dengan membuka komunikasi dengan banyak partai, kan sebenarnya hebat Kaesang,” kata Prof. Asrinaldi seperti dilansir Antara.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unand tersebut, terkait rencana Kaesang Pangarep yang menyatakan berkeinginan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok.

Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut dalam sebuah video menyampaikan sudah mendapatkan restu dari keluarga, dan siap maju sebagai “Depok Pertama”, meskipun ia tidak menjelaskan lebih lanjut tentang hal itu.

Baca Juga : Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Cinta Mega Main Game Judi Slot Pakai Tablet Milik Negara

Terkait Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang belakangan cukup getol mendorong Kaesang maju sebagai “Depok Pertama”, Asrinaldi menilai hal itu merupakan salah satu strategi partai tersebut untuk menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

PSI dengan kepiawaiannya menyatakan anak muda ini harus diusung meskipun Kaesang tidak menyatakan dirinya kader PSI,” ujar dia. Kendati demikian, lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia tersebut menilai cara-cara yang dilakukan PSI merupakan upaya menempatkan posisi tawar Kaesang terhadap partai-partai politik lainnya.

Di satu sisi ia menilai PDIP juga tidak perlu “kebakakaran jenggot” terkait strategi politik yang diterapkan PSI yang terus menyosialisasikan Kaesang Pangarep untuk maju di “Depok Pertama”.

Jokowi Serahkan ke Kaesang

Terpisah, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sepenuhnya kepada putranya, Kaesang Pangarep, jika ingin berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah Depok, Jawa Barat pada 2024. Ketika ditanya apakah Jokowi akan memberikan restu jika Slot777 Gacor Kaesang maju di Pilkada Depok, Jokowi menjawab bahwa tugas sebagai orang tua adalah merestui dan mendoakan. Namun, keputusan untuk maju atau tidaknya, Jokowi meminta agar menanyakan langsung ke Kaesang.

Kaesang Pangarep telah memantapkan dirinya untuk maju ke ajang Pilkada Kota Depok. Kaesang Pangarep menyebut dirinya siap untuk menjadi “Depok Pertama” pada akhir pekan lalu. Kabar baru dari Putra bungsu Presiden Jokowi ini tentu sudah diketahui kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Namun begitu, Gibran Rakabuming Raka seperti masih enggan memberikan dukungannya kepada Kaesang saat disinggung mengenai sang adik hendak maju di Pilkada Depok. Putra sulung Presiden Jokowi itu bahkan tak merekomendasikan warga Depok untuk memenangkan Kaesang di Pilkada.

Hal itu diisyaratkan sang Wali Kota Solo saat diingatkan kembali mengenai adanya tudingan dinasti politik keluarga Presiden Jokowi. Tudingan itu pun menguat setelah Kaesang Pangarep mantap menjadi bakal calon “Depok Pertama”.

Sudah malas banget menjawabnya, soalnya aku bakal diulang-ulang  saja terus (menjawabnya),” ujar Gibran Rakabuming Raka mengawali jawabannya kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, kami kutip dari kanal YouTube Berita Surakarta.

Gibran Rakabuming Tak Memaksa Pilih Kaesang Pangarep

Gibran Rakabuming Raka Selanjutnya, Gibran Rakabuming seolah tak memaksa masyarakat Depok untuk memilih adiknya dalam Pilkada Kota Depok yang akan datang. “Intinya kalau tidak suka Kaesang, tak usah dipilih. Enggak ada kewajiban kok untuk memilih Kaesang, ya,” ujar Gibran menegaskan.

Restu Jokowi untuk Kaesang Pangarep

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan restu kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024. Sebaliknya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan restu warga Depok utama dibandingkan restu Presiden Jokowi.

Ya sudah (kalau Presiden Jokowi sudah merestui), ya sudah. Yang merestui itu warga, bukan Pak Jokowi, bukan ini. Yang merestui itu warga setempat,” kata Gibran yang juga Wali Kota Solo, saat ditemui wartawan di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Rabu.

Gibran Minta Kaesang Pangarep Melakukan Pendekatan ke Warga Depok

Selanjutnya, suami Selvi Ananda itu meminta kepada Kaesang Pangarep untuk melakukan pendekatan ke warga Depok dengan silaturahmi maupun kunjungan. Dengan kegiatan seperti itu, menurut Gibran, nanti akan terlihat apakah Kaesang diterima atau tidak jika nantinya maju di Pilkada Depok. Ya sana Kaesang blusukan di Depok, diterima apa enggak. Kuncinya kan itu,” ujar Gibran Rakabuming Raka.

Gambar itu seakan mempertegas dukungan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi selaku ayah dari Kaesang kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan dukungan Jokowi kepada Ganjar sebagai bacapres dari PDIP makin jelas melalui kaos yang dikenakan Kaesang.

Selain itu, Jokowi juga ingin membuktikan hubungannya dengan PDIP baik-baik saja. Bisa juga dibaca seperti itu. Bahwa keluarga Jokowi melalui Kaesang ingin menunjukkan bahwa hubungan mereka dengan PDIP baik-baik saja,” ujar dia kepada wartawan. Saidiman mengatakan hal itu juga membuktikan bahwa PDIP tetap solid dalam memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Menurut saya, sejauh ini PDIP masih cukup solid mendukung Ganjar. Belum pernah ada statement resmi dari seorang elite PDIP untuk mendukung selain Ganjar, termasuk dari Jokowi dan keluarganya,” imbuh pengamat politik itu.

Yakin Jokowi Satu Suara PDIP

Dia pun turut menyinggung isu Jokowi yang lebih mendukung Prabowo ketimbang Ganjar. Saidiman menilai hal itu tidak benar. Dia pun yakin Jokowi satu suara dengan PDIP untuk bisa memenangkan Ganjar sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029. Soal kecenderungan keluarga Jokowi mendukung Prabowo, saya kira itu hanya tafsir saja dari beberapa peristiwa,” ujar dia.

Sebelumnya beredar foto Kaesang, putra bungsu Jokowi memakai kaps hitam bergambar wajah Ganjar. Foto itu pun beredar luas di media sosial. Disinyalir foto diambil saat Ganjar diundang ke podcast milik Kaesang.

error: Content is protected !!