Teknologi

Teknologi Informasi Kesehatan dan Perkembangannya

Kecanggihan teknologi kini turut mempengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang kedokteran melalui penerapan teknologi informasi kesehatan. Seperti yang Anda tahu, pelayanan kesehatan baik yang bersifat klinis maupun non klinis, jadi salah satu bidang yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Terutama dalam teknologi informasi kesehatan yang berkaitan secara langsung dengan pasien. Teknologi sangat mendukung dalam pengambilan keputusan klinis. Dapat juga berfungsi sebagai sistem pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan.

Penerapan teknologinya pun meliputi berbagai macam, seperti EMRs, EHRs, dan PHRs. Pemanfaatan ini diharapkan dapat berguna bagi provider pelayanan kesehatan untuk menyediakan informasi kesehatan pasien secara akurat.

Hal tersebut tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap sbobet88 pengambilan keputusan agar pasien mendapatkan perawatan yang tepat. Tak hanya itu saja, teknologi informasi kesehatan ini juga membantu dalam proses diagnosa dan dapat menangani medical error dengan baik.

Perkembangan Teknologi Informasi Kesehatan

Teknologi informasi kesehatan tidak terlepas dari kegiatan pencatatan, perekaman serta pendokumentasian pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien. Kegiatan ini diperkirakan telah ada sejak dahulu, sekitar 25.000 SM. Ada berbagai bentuk catatan medis yang dibuat dari berbagai peradaban dengan memanfaatkan beragam media.

Mengutip buku Sejarah Perkembangan Rekam Medis susunan Dr. Rano Indradi, M.Kes., berikut ini merupakan temuan bentuk-bentuk dokumentasi pelayanan kesehatan.Temuan bentuk dokumentasi medis tersebut tentu menggambarkan adanya kesamaan praktik kedokteran di berbagai belahan dunia. Meski terpisah rentang waktu, jarak, serta letak geografis.

Baca Juga : 6 Teknologi Komputer Terbaru dan Tercanggih Saat Ini

Seiring berkembangnya zaman hingga masa kini, masa depan dunia kesehatan tak terlepas dari teknologi digital. Penggunaan teknologi ini tentu diharapkan dapat membantu para dokter dan ahli kesehatan lainnya untuk membangun mutu perawatan dan pelayanan kesehatan agar lebih tepat dan akurat.

Berikut ini merupakan teknologi informasi kesehatan yang telah berkembang begitu pesat dalam bidang ini.

Teknologi Informasi Kesehatan Artificial Intelligence (AI)

Teknologi AI jadi salah satu yang memiliki peran penting dalam mendesain ulang perawatan kesehatan sebelumnya. Hal ini dikarenakan algoritma AI memudahkan pasien untuk menerima pelayanan dan perawatan medis secara cepat dan tepat.

Tenaga medis pun terbantu dengan adanya teknologi yang dapat mempercepat penanganan, menganalisis penyakit, bahkan memberikan informasi obat yang tepat bagi pasien.

Tricorder Medis

Teknologi portabel ini dapat memindai kondisi medis pasien. Alat ini mampu mengukur gejala vital dalam kesehatan seperti tekanan darah, temperatur serta denyut jantung. Dengan data tersebut, teknologi ini akan melakukan analisis hingga memberikan hasil diagnosis kondisi pasien.

Pengurutan Genome

Teknologi ini dapat mengetahui informasi dasar tentang tubuh manusia. Mulai dari kepekaan obat, kondisi medis multifaktorial atau monogenik, bahkan mampu melihat riwayat medis secara genetik. Berbagai data tersebut diperoleh untuk kemudian digunakan dalam menentukan perawatan yang efektif bagi pasien.

Itulah sekian mengenai teknologi informasi kesehatan dan perkembangannya dalam dunia medis. Bagi Anda yang tertarik mengetahuinya lebih lanjut dan lengkap, Anda dapat mengikuti kuliah rekam medis Pontianak melalui Jurusan Perekam Informasi Kesehatan di STIKes Husada Borneo.

Perkembangan teknologi memunculkan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Kegiatan masyarakat terasa lebih mudah dan cepat dengan berbagai macam teknologi. Tak terkecuali teknologi di bidang kesehatan.

Teknologi kesehatan mampu menyelamatkan nyawa manusia, menyembuhkan pasien, meningkatkan kualitas hidup manusia, dan masih banyak lainnya. Apa saja? Berikut adalah dampak positif perkembangan teknologi di bidang Kesehatan.

elain untuk pasien dan tenaga medis, teknologi juga dapat mencegah penularan penyakit. Contohnya pandemi Covid-19 seperti saat ini. Dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi, masyarakat dapat mengetahui status kesehatan masing-masing. Juga informasi tentang klasifikasi daerah terjangkit Covid-19. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk menghindari daerah mana saja dengan intensitas penyakit lebih tinggi. Penularan penyakit pun lebih mudah dicegah.

error: Content is protected !!